KEUNGGULAN SUBLIME TEXT 3 - DOWNLOAD


Hallo sahabat kompi, kali ini kita akan mempelajari tentang penggunaan Sublime Text. Sebelumnya mungkin ada yang masih belum kenal apa Sublime Text. Applikasi ini sanggat membatu para penulis koding :D. Contohnya seperti PHP, HTML dan lainnya, daripada di Notepad yang tampilanya polos dan tidak hanya itu aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang sangat membantu antara lain :

Mengganti (rename) lebih dari satu


Dari gambar diatas terlihat kata relative dan absolute di sleksi. Untuk caranya blok kata relative lalu tahan ctrl dan sekarang blok absolute tanpa melepas ctrl, setelah selesai memilih kata yang akan di ubah serang tingal ketik kata yang akan menggantikan mereka misalnya fixed. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.




Go to Line
Fitur ini cukup berguna untuk mencari file error, caranya tekan ctrl + p lalu ketik baris yang akan dituju dengan menambahkan “:” didepan angka.

Show Folder, Show Open File
Fitur yang satu ini sangat membantu untuk membuka file lebih dari satu, apalagi kita harus bolak balik keluar masuk file. Caranya klik View -> Side Bar lalu klik Show Side Bar dan Show Open Files. 

Selanjutnya untuk menampilkan folder tempat kita ngoding anda cukup seret foldernya lalu arahkan ke icon sublime text pada start bar lalu lepas pada Side Bar yang telah kita munculkan tadi. Pada contoh dibawah, nama folder laravel saya adalah bd.
Jika anda melakunya dengan benar maka tampilanya akan seperti ini

Minimap
Minimap disini adalah tampilan kertas kerja kita dalam ukuran kecil, fungsinya untuk memudahkan kita menuju bagian tertentu dengan cara mengklik ke minimap nya. Fitur ini akan terasa kegunaanya jika baris yang kita miliki cukup banyak.
Untuk menampilkan minimap ini klik View -> Show Minimap


Auto Complete
Sudah banyak text editor yang memiliki fitur ini sebenarnya, namun aplikasi ini sangat memudahkan dalam penulisan kerangka HTML.
1.       Pertama buat file baru dan langsung simpan dalam format HTML atau PHP
2.       Cukup ketik < h saja, maka akan muncul tampilan berikut
3.       Pastikan kata html terseleksi, bukan yang lain

4.       Tekan TAB atau ENTER, dan simsalabim. Hasilnya seperti ini

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title></title>
</head>
<body>

</body>
</html>

Yang ingin mendownload silahkan klik http://www.sublimetext.com/3

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. Wassalamualaikum (fa@)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »